Pages

Apr 23, 2014

5 Negara Dengan Anggaran Militer Terbesar

prancis-rev1

Info TOP– Setiap Negara ingin membangun kekuatan militernya untuk menjaga stabilitas dalam negeri dan agar disegani oleh negara lain. Untuk memperkuat militer tentunya membutuhkan biaya yang tidak murah. Nah dari semua negara didunia ada beberapa negara yang mengalokasikan anggran yang sangat besar untuk memperkuat militernya. mau tahu negara apa saja yang belanja militernya paling besar pada tahun 2013  ? simak informasi dibawah ini.

1. Amerika Serikat

Negara yang memiliki anggaran belanja paling banyak adalah Amerika Serikat, dari banyaknya negara yang memiliki jumlah anggaran belanja militer terbanyak, Amerika lah yang menjadi negara paling banyak berbelanja untuk militernya. Pada tahun 2013 lalu, Amerika diketahui mengeluarkan dana sekitar USD 640 miliar hanya untuk berbelanja militer. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang cukup fantastik hanya untuk belanja militer saja.

2. China

China merupakan negara kedua  setelah Amerika Serikat yang memiliki anggaran belanja militer terbesar di dunia. Pada tahun 2013 lalu, China diketahui sudah mengeluarkan dana sekitar USD 188 miliar, dan jumlah ini terjadi kenaikan di tahun sebelumnya. Ternyata, sejak tahun 2013 China sudah lebih tegas dalam masalah pengeluaran dana untuk berbelanja militer.

3. Rusia

Negara denga peringkat yang ketiga adalah Rusia. Negara yang satu ini memiliki anggaran belanja militer yang terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan Rusia terus menciptakan peralatan perang canggih yang sudah ditekuninya sejak tahun 2011 lalu. Sejak tahun 2011 silam, Rusia mengganti sebanyak 70 persenjataannya dengan peralatan yang modern dan lebih canggih. Rusia diketahui memiliki anggaran belanja militer sebanyak USD 87 miliar.

4. Arab Saudi

Arab Saudi sebenarnya tidak termasuk lima besar dalam daftar negara yang dengan anggaran belanja militer terbesar di dunia. Namun, suatu hal yang mengejutkan  dimana tahun 2013 lalu Arab Saudi berhasil meraih posisi ke empat setelah Rusia, dengan anggaran belanja meningkat sebanyak 14 persen. Anggaran belanja militer yang dikeluarkan Arab Saudi tahun 2013 lalu, sebanyak USD 67 miliar.

5. Prancis

Prancis merupakan salah satu negara yang mengalami penurunan untuk anggaran belanja militer negaranya. Sebelumnya Prancis menempati posisi ke empat dalam daftar negara dengan anggaran militer terbesar di dunia. Namun, Prancis mengalami penurunan yang membuatnya kalah dari Arab Saudi. Diketahui pada tahun 2013 lalu, Prancis memiliki anggaran belanja sebesar USD 61,2 miliar.

Nah, itulah dia ke lima negara dengan anggaran militer terbesar di dunia.

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment